Halaqah 01: Sekilas Biografi Penulis Dan Pengenalan Kitab

thumbnail-cadangan

Halaqah yang ke-1 dari Silsilah ‘Ilmiyyah Pembahasan Kitab Fadhlul Islam yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah.

Kita sebutkan sedikit tentang terjemah mukhtasoroh dari penulis.

Beliau adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab ibnu Sulaiman at Tamimi rahimahullah, lahir pada tahun 1115 H, ditengah² keluarga yang sangat perhatian tentang ilmu agama sehingga beliau bisa menyelesaikan menghafal Quran dan beliau masih kecil.

Beliau menuntut ilmu dari para Ulama yang ada dinegeri beliau dilanjutkan dengan perjalanan menuntut ilmu ke berbagai daerah diantaranya adalah ke Makkah & juga al Madinah dan setelah itu beliau terjun di medan dakwah, dan memulai dakwah beliau dengan apa yang dimulai oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, mendakwahkan manusia kepada Tauhid baik dengan lisan maupun dengan tulisan dan alhamdulillah taufiq dari Allah ta'ala banyak diantara manusia di zaman beliau baik mereka adalah rakyat biasa maupun mereka orang² yang memiliki kedudukan yang mendapatkan hidayah.

Diantara peninggalan beliau adalah kitab yang insyaAllah akan kita pepajari ini yaitu kitab Fadhlul Islam dan diantaranya adalah
al Ushul ats Tsalahah yang baru saja kita selesaikan,
Kitabut Tauhid
Kasyfu subhat,
al Qowaidul arba,
al Ushulu Sittah,
Mukhatasor siroturosul – مختصر سيرة الرسول صلى الله عليه وسلم
Adabul Masyi ila Sholah – آداب المشي إلى الصلاة
Syurutul Sholah wa Arkanuha wa wajibatuha – شروط الصلاة وأركانها وواجباتها

Dan kitab² yang beliau karang memiliki keistimewaan dan keutamaan yang dengannya tentunya setelah taufiq dari Allah ta'ala banyak diambil faedah oleh manusia. Ringkas karangan² beliau dan dipenuhi dengan dalil.

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari sebuah kitab yang isinya kebanyakan adalah dalil, sedikit sekali beliau mendatangkan selain al Quran dan juga Hadits, seandainya beliau mendatangkan maka mendatangkan ucapan para salaf (ucapan seorang Shahabat, ucapan seorang Tabiin) adapun ucapan beliau sendiri maka bisa dihitung dengan jari. Beliau ingin mendidik membiasakan kita untuk berpegang dengan dalil, bukan taklid kepada manusia & diantara kelebihan kitab² beliau adalah beliau memperhatikan dan menulis perkara² yang memang sesuatu yang wajib untuk diketahui oleh manusia baik berupa masalah Ushul, aqidah maupun hal² yang berkaitan dengan furu’, termasuk diantaranya kitab yang akan kita pelajari ini beliau akan berbicara tentang masalah Islam.

Penulis meninggal dunia pada tahun 1206 H tentunya setelah meninggalkan dampak dan juga hasil yang sangat indah dan sangat berharga dan bernilai bagi kaum muslimin & apa yang kita lihat, sebuah negara yang tegak diatas al Quran dan sunnah & banyak disana para ulama yang berdakwah kepada alQuran dan sunnah dan peraturan² yang ada didalam negara tsb berdasarkan al Quran & juga sunnah, dan manfaat diambil dari berbagai negara dibelahan dunia ini dari negeri tersebut. Yaitu negeri atau negara al Mamlakah Al arabiah as Saudi.

Ini tidak lain adalah satu diantara buah dari dakwah beliau dakwah kepada Tauhid sehingga Allah subhanahu wa Taala memberikan tamkin memberikan Istikhlaf memberikan kepada mereka kekuasaan yang demikian adalah berkahnya mengikuti dakwah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan juga dakwah para Nabi dan Rasul sebelum beliau.

Beliau memberikan judul kitab ini dengan Fadhlul Islam diambil dari bab yang pertama di dalam kitab ini & ini termasuk – من باب تسمية شيء ببعضه – memberikan nama sesuatu dengan sebagian dari sesuatu tersebut, beliau memberi judul kitab ini dengan Fadhlul Islam diambil dari bagian dari kitab ini dan bab yang pertama didalam kitab ini adalah bab Fadhlul Islam. Dan ini juga beliau lakukan ketika beliau mengarang kitab Adabul Masyi ila sholah – آداب المشي إلى الصلاة – kitab ini kalau kita terjemahkan dan kita memahami maknanya adab-adab berjalan menuju Shalat dan beliau didalam kitab ini tidak hanya berbicara tentang adab-adab berjalan menuju shalat bahkan beliau berbicara tentang tata cara shalat bagaimana mengatur shaf, bagaimana sutrah didalam shalat, apa kewajiban² didalam shalat bukan hanya adab² ketika berjalan menuju shalat, diambil judul – آداب المشي إلى الصلاة – diambil dari bab yang pertama dari kitab ini karena bab yang pertama adalah – باب آداب المشي إلى الصلاة – dan beliau menyebutkan perkara yang lain seperti misal masalah shalat tathowu.

Allahua’lam karena di dalam alQuran diberikan nama sebuah surat sering diambil dari ayat yang pertama dari surat tersebut. Diambil dari satu kata yang ada didalam surat tersebut seperti misalnya al Falaq, atau an Naas

۞ إِذَا جَآءَ نَصْرُ ٱللَّهِ وَٱلْفَتْحُ

An Nasr

Al Lahab

۞ تَبَّتْ يَدَآ أَبِى لَهَبٍ وَتَبَّ

Al-Ghasyiyah

۞ هَلۡ أَتَىٰكَ حَدِیثُ ٱلۡغَـٰشِیَةِ

Al-Qari’ah

۞ ٱلۡقَارِعَةُ – مَا ٱلۡقَارِعَةُ

dan seterusnya. Yang jelas beliau memberikan nama kitab ini dengan Fadhlul Islam diambil dari bab yang pertama.

Dan di dalam kitab ini bukan hanya berbicara tentang fadhlul Islam, bahaya bid’ah kemudian juga kewajiban untuk masuk kedalam agama Islam dan seterusnya. Bukan hanya berbicara tentang fadhlul Islam. Jadi boleh seandainya kita mengarang sebuah kitab kemudian kita memberi judul kitab tersebut dengan bab yang pertama.
***
[Disalin dari materi Halaqah Silsilah Ilmiyyah (HSI) Abdullah Roy bab Kitab Fadhlul Islam]

Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Posting Komentar