Halaqah 03: Mengenal Allah Sebagai Pemberi Rezeki

thumbnail-cadangan
Halaqah ke-3 mengenal Allah sebagai pemberi rezeki. Di antara nama Allah Subhanahu wata’ala adalah Ar Razzāq yang artinya Yang Maha Memberi Rezeki.

Allah Subhanahu wata’ala menciptakan makhluk dan memberikan rezeki kepada mereka. Bahkan Allah Subhanahu wata’ala telah menulis rezeki makhluk-Nya jauh sebelum Allah Subhanahu wata’ala menciptakan mereka.

Rasulullah 'alaihi wasallam bersabda:

كَتَبَ اللهُ مَقَادِيرَ الخَلاَئِقِ قَبلَ أنْ يَخلُقَ السَّموَاتِ والأرضَ بِخَمسِينَ أَلفَ سَنَةٍ

“Allah Subhanahu wata’ala telah menulis takdir bagi makhluk-makhluk-Nya 50.000 tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.” (HR Muslim, dari Abdullah Ibnu ‘Amr)

Allah Subhanahu wata’ala menciptakan rezeki tersebut dan menyampaikannya kepada makhluk sesuai dengan waktu yang sudah Allah Subhanahu wata’ala tentukan sebelumnya.
 
Maka tidak akan meninggal seseorang sampai dia mendapatkan rezeki terakhir yang menjadi jatahnya, meskipun rezeki tersebut ada di puncak gunung atau bahkan ada di bawah lautan.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

“Tidak ada seekor binatang melata pun yang ada di permukaan bumi ini melainkan Allah yang akan memberikan rezekinya.” (QS Hūd: 6)

Siapa sesembahan selain Allah Subhanahu wata’ala yang bisa melakukan yang demikian?

Adakah selain Allah Subhanahu wata’ala sesembahan yang bisa memberi makan sekali saja untuk seluruh makhluk yang ada di bumi ini mulai dari manusia, jin, hewan dan tumbuhan?

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ ۚ هَلْ مِنْ خَالِقٍ غَيْرُ اللَّهِ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ

“Wahai manusia, hendaklah kalian mengingat nikmat Allah atas kalian. Adakah yang mencipta selain Allah yang memberikan rezeki kepada kalian dari langit maupun dari bumi? Tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Dia. Oleh karena itu kenapa kalian dipalingkan? (QS Fāthir: 3)
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Mengenal Allah]
Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Posting Komentar