Halaqah 04: Mengenal Allah Sebagai Pengatur Alam Semesta

thumbnail-cadangan
Halaqah ke-04 adalah tentang Mengenal Allah Sebagai Pengatur Alam Semesta. Dialah Allah Subhanahu wata'ala yang:
• Mengatur alam semesta ini
• Mematikan makhluk dan menghidupkan
• Memuliakan makhluk dan menghinakan
• Mengganti siang menjadi malam dan malam menjadi siang
• Menerbitkan matahari dan menenggelamkan

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

“Dialah Allah yang mengatur seluruh perkara.” (QS As-Sajdah : 5)

Tidak ada yang mengatur selain Allah Subhanahu wata'ala. Dialah Allah Subhanahu wata'ala yang menerbitkan matahari dari timur. Maka siapa selain Allah Subhanahu wata'ala yang bisa menerbitkan matahari dari barat?

Nabi Ibrahim ‘alaihissalām berkata kepada salah seorang yang mengaku sebagai Tuhan selain Allah Subhanahu wata'ala:
 
“Sesungguhnya Allah telah menerbitkan matahari dari timur, maka silakan engkau kalau memang engkau Tuhan, terbitkan matahari dari barat. Maka orang kafir tersebut tidak bisa berbuat apa-apa.” Lihat surat Al Baqarah : 258.
 
Allah Subhanahu wata'ala menjadikan siang. Maka siapa yang bisa mengganti siang menjadi malam selain Allah Subhanahu wata'ala?

Tidak ada yang mengatur alam semesta kecuali Allah Subhanahu wata'ala dan tidak ada sesembahan selain Allah Subhanahu wata'ala yang membantu Allah Subhanahu wata'ala untuk mengatur alam semesta ini.

Oleh karena itu, seorang Muslim tidak boleh meyakini bahwasanya ada selain Allah Subhanahu wata'ala yang mencipta, memberikan rezeki, dan juga mengatur alam semesta, siapapun dia dan bagaimanapun kedudukannya di sisi Allah Subhanahu wata'ala.

Barangsiapa yang berkeyakinan bahwasanya ada selain Allah Subhanahu wata'ala yang mencipta, memberikan rezeki, dan juga mengatur alam semesta, maka dia telah menyekutukan Allah Subhanahu wata'ala.
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Mengenal Allah]
Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Posting Komentar