Halaqah 09: Mengenal Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan Makhluk-Nya

thumbnail-cadangan
Halaqah ke 09 adalah Mengenal Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan Makhluk-Nya. Allah Subhanahu wata’ala telah menciptakan makhluk-makhluk supaya manusia berakal memikirkannya, sehingga mereka mengenal Dzat yang telah menciptakan mereka.

Besarnya makhluk serta luasnya (seperti langit yang tujuh, bumi, kursi Allah, dan ‘Arsy-Nya) menunjukkan kebesaran Allah Subhanahu wata’ala.

Keteraturan gerakan dan perjalanan (seperti perjalanan matahari dan bulan) menunjukkan kekuasaan dan pengawasan Allah Subhanahu wata’ala yang tidak berhenti.

Kejelian di dalam penciptaan menunjukkan hikmah-Nya dan keluasan ilmu-Nya.

Manfaat yang ada dalam ciptaan-Nya menunjukkan rahmat pencipta yang luas dan menunjukkan karunia Allah Subhanahu wata’ala yang meliputi segala sesuatu. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّماواتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهارِ لَآياتٍ لِأُولِي الْأَلْبابِ (١٩٠) الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيامًا وَقُعُوداً وَعَلى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّماواتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنا مَا خَلَقْتَ هَذَا باطِلاً سُبْحانَكَ فَقِنا عَذابَ النَّارِ (١٩١)

“Sesungguhnya di dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian siang dan malam ada tanda-tanda bagi orang yang memiliki akal, yaitu orang-orang yang mengingat Allah, baik dalam keadaan berdiri, duduk, dan berbaring. Dan mereka memikirkan penciptaan langit dan bumi. Wahai Rabb kami, tidaklah engkau menciptakan ini semua dengan bathil (sia-sia). Maha Suci Engkau, maka jagalah kami dari adzab neraka.” (QS Ali ‘Imran: 190-191)

Hendaknya seorang Muslim meluangkan waktunya untuk memikirkan makhluk-makhluk Allah Subhanahu wata’ala supaya dia:
✓Semakin mengenal Allah Subhanahu wata’ala, Pencipta-Nya,
✓Semakin yakin dan mantap dalam menjalankan syariat Islam,
✓Merasa takut dengan adzab Allah Subhanahu wata’ala,
✓Semakin dekat dengan-Nya, dan
✓Semakin meng-Esakan Dia di dalam beribadah.
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Mengenal Allah] 
Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Posting Komentar