Halaqah 05: Keadaan Kota Mekkah sebelum Nabi diutus (Bagian 4)

thumbnail-cadangan
Materi HSI pada halaqah ke-5 dari halaqah silsilah ilmiyyah abdullah roy adalah tentang keadaan kota Mekkah sebelum nabi diutus bagian 4. Masih ada diantara ahli Jahiliyyah sisa-sisa ajaran Nabi Ibrahim, seperti:
▪Pengagunggungan rumah Allāh
▪Tawaf
▪Haji
▪Umrah
▪Wukuf di Arafah
▪Bermalam di Mudjalifah dll

Namun mereka membuat bidah didalamnya, seperti misalnya
▪Orang-orang Quraisy melakukan Wukuf di Mudjalifah & bukan di Arafah yang demikian den alasan mereka (orang-orang Quraisy) adalah penduduk tanah haram sehingga menurut mereka, mereka harus Wukuf di tanah Haram, padahal ini menyelisihi ajaran Nabi Ibrahim alaihi salam.

Namun perlu diketahui bahwasanya ahli Jahiliyyah selain memiliki kebiasaan-kebiasaan yang buruk & keyakinan-keyakinan yang menyimpang sebagaimana sudah berlalu Penjelasan nya mereka juga memiliki sifat-sifat yang mulia diantaranya
  1. Al Karom Yaitu kedermawanan. Mereka saling berlomba di dalam memuliakan tamu terkadang datang tamu & tuan rumah tidak memiliki harta kecuali satu unta nya yg merupakan kehidupan dia & keluarganya maka dia menyembelih unta tersebut untuk menghormati tamu nya.
  2. Mereka adalah orang-orang yang senantiasa menyempurnakan perjanjian dengan orang lain.
  3. Mereka adalah orang yang sangat menjaga kehormatan dirinya. Mereka dikenal sebagai orang yang sangat pemberani, memiliki kecemburuan yang besar & mereka rela mengorbankan diri mereka untuk menjaga kehormatan mereka.
  4. Mereka adalah orang-orang yang sangat teguh apabila sudah memiliki tekad & tidak mudah mundur.
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Sirah Nabawiyah]
Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Posting Komentar